Menjadi pegawai yang baik merupakan kewajiban setiap orang yang
dipekerjakan oleh perusahaan maupun perseorangan. Kewajiban pekerja
adalah bekerja dengan baik dan selanjutnya kewajiban perusahaan yang
memberi pekerjaan adalah memberikan gaji atau upah beserta
tunjangan-tunjangannya. Semakin tinggi tanggung jawab yang diberikan
perusahaan, maka seharusnya semakin tinggi pula penghasilan yang didapat
seorang pegawai.
Dengan menjadi karyawan yang baik dengan hasil pekerjaan yang bagus dan
berlangsung terus menerus maka perusahaan akan bangga serta mungkin akan
diberikan suatu penghargaan baik secara materiil maupun non materiil.
Karyawan yang telah dipercaya oleh perusahaan biasanya suatu saat akan
diberikan kesempatan untuk menempati suatu posisi atau jabatan yang
lebih tinggi. Seorang karyawan harus menghindari melakukan hal-hal yang
merugikan perusahaan yang telah memberikan penghidupan.
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjadi pegawai / karyawan / pekerja yang baik :
1. Disiplin
2. Menghasilkan Hasil Kerja Yang Baik
Kualitas pekerjaan yang dihasilkan haruslah baik sesuai dengan harapan
yang diinginkan oleh perusahaan atau orang yang memberikan pekerjaan. Tanpa hasil kerja yang baik, maka percumalah kebaikan kita yang lain di kantor tempat kerja kita.
3. Bisa Bekerja Sama Dengan Karyawan Lain
Seorang karyawan yang baik harus bisa bekerja dengan baik dalam tim
kerja yang telah ditentukan. Bisa menghormati dan mengikuti arahan dari
pimpinan tim kerja.
4. Memberi Kontribusi Yang Positif dan Lebih
Jangan terpaku dengan target dan cara kerja yang sudah ada. Gunakan
imajinasi dan inovasi kreativitas yang ada dalam diri. Temukan sesuatu
yang dahsyat yang bisa menyebabkan pemimpin perusahaan terkesan dengan
hasil yang telah kita dapatkan.
5. Menjadi Contoh Bagi Pegawai Lain
Jadilah teladan bagi pegawai / karyawan yang lain. Jadilah orang yang
baik, berakhlak mulia, pekerja yang handal, berguna bagi sesama,
memiliki keluarga yang harmonis, dan lain-lain.
6. Setia Kepada Perusahaan
Tunjukkan kesetiaan pada perusahaan tempat bekerja. Jangan mudah
berpindah-pindah tempat kerja karena iming-iming penghasilan yang lebih
besar.
7. Bersikap Baik Kepada Atasan
Bagaimanapun juga atasan merupakan bos yang harus dihormati dan
dihargai. Jika ada kekurangan pada diri atasan, isilah agar dapat
tertutupi sehingga bisa menjadi suatu kesatuan yang solid yang mengisi
antara atasan dan bawahan.
8. Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan YME
Serahkan semua urusan kepada Tuhan YME. Tujuan hidup kita hanyalah
beribadah kepadaNya. Harta dan jabatan hanyalah jembatan untuk beribadah
kepadaNya. Gunakan pedomanNya untuk mencari nafkah di dunia yang hanya
sementara.
9. Menjaga Hubungan Baik Dengan Klien Kerja
Jaga baik-baik hubungan dengan pihak luar yang menjadi rekan kerja
perusahaan. Konsumen adalah raja yang harus kita jaga kepercayaannya
kepada kita. Berikan yang terbaik kepada mereka semampu kita.
10. Menciptakan Suasana Kerja Yang Menyenangkan
Ciptakan suasana kerja baik kondusif bagi semua orang yang berada di
lingkungan kerja mulai dari pegawai, pimpinan, petugas kebersihan (ob),
tukang parkir, orang kantin, dan lain-lain.
------
Apabila anda tidak menyukai perusahaan tempat anda berkerja, maka
janganlah anda membencinya dan berusaha menghancurkannya dengan cara
anda sendiri. Pegawai yang lain mungkin tidak sependapat dengan anda.
Untuk itulah sebaiknya anda melakukan introspeksi diri. Jika tidak suka,
kenapa masih bekerja di sana? Tingkatkan kemampuan anda dan cobalah
mencari peruntungan di tempat lain
0 Komentar
Silahkan berkomentar sesuai dengan judul artikel,
Kritik dan saran sangat membantu saya dalam memeperbaiki blog ini.
Terima kasih atas kunjungan anda...