Recents in Beach

4 Bahaya Sifat Iri dan Dengki, Wajib Dihindari!

Sifat iri dan dengki membuat seseorang menaruh rasa tidak suka akan keberhasilan dan kesuksesan orang lain. Lebih dari sekadar cemburu, rasa iri dan dengki jauh lebih berbahaya dan tak jarang sulit untuk dihilangkan jika kita tidak menghalaunya dan terus memupuknya.

Ketika rasa iri, terlebih rasa dengki kepada orang lain mulai tumbuh dalam hati, waspadalah karena hal itu dapat menimbulkan berbagai dampak buruk, terutama dalam kehidupan kita sendiri. Demi menghindarkan sifat iri dan dengki, ada baiknya kita mengetahui apa saja bahaya yang ditimbulkan dari sifat tersebut, beberapa di antaranya ialah:

1. Menjauhkan diri dari rasa syukur

Sifat iri dan dengki kerap menjauhkan seseorang dari rasa syukur. Sebab, ia akan selalu melihat kelebihan orang lain dan melihat kekurangan pada dirinya sendiri. Akibatnya, ia jadi sulit bersyukur dan tak pernah merasa cukup.

2. Susah melihat orang lain senang, senang melihat orang lain susah

Salah satu bahaya yang ditimbulkan dari sifat iri dan dengki adalah seseorang akan merasa tidak suka melihat orang lain bahagia dan merasa senang saat orang lain ditimpa kesulitan. Padahal, sebagai sesama manusia, sudah seharusnya hati kita merasa turut bahagia akan kebahagiaan orang lain dan ikut sedih saat melihat orang lain menderita.

3. Menyengsarakan diri sendiri

Misalnya saja, seseorang yang selalu merasa iri ketika tetangganya membeli barang baru. Lantas, ia juga ingin memilikinya demi terus berusaha menyamai atau bahkan terlihat lebih dari tetangganya. Hal ini dapat menyebabkan ia menyengsarakan dirinya sendiri, terutama ketika kemampuannya tidak sebanding dengan semua hal yang ia inginkan. Sebab, setiap manusia pasti punya kemampuan dan keterbatasan masing-masing.

4. Memercik rasa benci

Rasa iri dan dengki dapat menimbulkan rasa benci dalam diri seseorang kepada orang lain. Akibatnya, ia akan selalu berburuk sangka kepada orang yang membuatnya iri, bahkan ketika dirinya diperlakukan dengan baik.

Demikian empat bahaya sifat iri dan dengki. Jagalah hati kita senantiasa dan jauhkanlah diri dari sifat iri dan dengki yang hanya akan menyulitkan diri kita sendiri.


Posting Komentar

0 Komentar