Recents in Beach

SEBUAH CERITA tentang MIMPI dan MASA DEPAN

A STORY about DREAM and THE FUTURE
ANGAN-ANGAN, ANAK SD sampai SEORANG MAHASISWA terhadap Masa Depan

Ingat saat-saat masih menempuh bangku sekolah dulu, ketika menjelang Ujian Akhir SD, yang terbesit dalam pikiran adalah bisa lulus gak yaa? padahal pasti lulusnya.. hari yang ditunggu pun datang dimana saya harus menghadapi Ujian Akhir SD. satu minggu pun berlalu dan ujian pun selesai. satu beban pikiran pun sedikit berkurang.. hari berganti hari, muncul beban pikiran baru.. harus bisa masuk SMPN 1 yang menjadi salah satu SMP favorit.. pendaftaranpun dibuka kita berbondong-bondong datang ke SMP, mengisi formulir yang disediakan oleh panitia pendaftaran.
............................................
Pengumuman hasil Ujian Nasional pun dibagikan, Yahh, seperti yang saya duga.. LULUS semua.. dan beberapa hari berikutnya TES Masuk SMP pun dilaksanakan. dan seperti biasa gemetar tubuh ini, bebanpun menyertai pikiran bercampur takut jika tidak lolos Seleksi masuk SMP mau sekolah dimana??? itulah yang terbesit dalam pikiran pada saat itu.. Tes dilaksanakan dengan tenang sampai waktu selesai.. dua minggu terasa lama untuk menunggu sebuah hal yang tidak pasti (pengumuman seleksi). hari yang ditunggu datang pengumuman pun diberikan.. daaaaaannnnn...... Alhamdulillah LOLOS..
.............................................
Hari baru dijalani bersama teman-teman baru... Hal-hal baru, pengalaman baru dan Ilmu baru pun didapat di Sekolah yang baru. Pengembaraan soal cewek pun dimulai.. hahaha. "maklum dah beranjak remaja".. 3 tahun pun dilalui dengan berbagai kisah, senang, sedih, emosi semua tersimpan di memory raat SMP, hari perpisahan pun sudah semakin dekat.. perasaan sedih pun melanda. "Jaman SMP kan Jamannya berkelompok, Ilmu psikologi, jadi ya sedih-sedih gitu" hehe. Ujian pun datang, saatnya belajar "padahal gak pernah", dan mulai komunikasi dengan teman mau masuk SMA mana nanti??. Hari ujian datang dan berlangsung selama 4 hari sambil berharap LULUS. Menungguuuuuuu pengumuman ujian... daaannn.. LULUS jugaa.. hehe.
...........................................
Saatnya memilih SMA atau SMK, nyoba SMA aja deh.. Tujuan SMAN 1 tapiii kali ini kegagalanku datang.. tidak diterima, dan mulai bimbang masa harus ke SMK swasta??? gak Ahh.. SMAN 2 walapun jauh NO PROBLEM. berangkatlah saya ke SMAN 2, Ternyataaa, banyak juga teman-temanku disana.."kumpul Lagi" hehe.. 3 Tahun pula sekolah disana.. wow teman-teman ku jelas semakin bertambah banyak.. dengan berbagai sifat yang berbeda-beda karena kita beranjak dewasa.. jadi inilah waktu dimana kita mencari tahu siapa diri kita, dan apa peran kita bagi masyarakat.. 3 tahun berlalu, okee deh LULUS juga woohhh senang sekali (padahal justru setelah inilah kita harus mulai mengaplikasikan ilmu yang kita dapat, jenjang awal untuk sosialisasi dengan masyarakat).. karena itulah yang paling membuat saya Bimbang karena harus memilih KULIAH atau KERJA...
............................................
Akhirnya saya putuskan kuliah. Tujuan utama JOGJAKARTA.. tapi sayang karena suatu hal gak diterima di jogja, mau teteap  kulah di jogja harung nunggu 1 tahun, "trus mau ngapain 1 tahun??" "kerja apa?? bimbel menghabiskan uang aja" hehe.. Tujuan kedua Malang.. hari pertama tujuan adalah PTN ternama, Tapi Yahh seperti byasa GAGAL. Beruntung ada Orang baik hati memberikan info universitas walapun kecil dan swasta, tapi ILMUnya yang kita cari bukan, GENGSInya yang kita kejar.. ILMU PSIKOLOGI prodi yang saya ambil. Disnilah saya ketemu dengan orang2 hebat, menyenangkan kerjasama dengan mereka..selama 4 tahun bukan waktu yang sebentar untuk bisa saling melepas pertemanan.. "UDAH MAU LULUS MASALAHNYA" hehehe. akhirnya SKRIPSI.. blank...blank...blank.. (males, rajin, males lagi dalam bimbingan).. UJIAN alhamdulillah sukses walapun menurut saya masih butuh beberapa tahun lagi untuk menguasai ILMU PSIKOLOGI dengan benar, intinya "KURANG MEMUASKAN DALAM UJIAN" hehehe. Alhamdulillah LULUS dan WISUDA, senang tapi sedih karena akan berpisah dengan relasi-relasi (teman-teman perjuangan). kemudian kami semua berpisah dan pulang ke Daerahnya masing2 ke seluruh penjuru Indonesia..
........................................
Setelah LULUS kuliah justru tekanan hidup semakin besar dibarengi dengan bertambahnya umur "SEMAKIN TUA". hehe.. muncul berbagai pertanyaan mau kemana setelah LULUS??? itu merupakan pukulan berat dalam hidup ini..mau jawab apa??? sedangkan cari kerja itu sangatlah sulitt sekali.. jadi pengusaha, "pengalaman lom punya", kerja ikut orang "trus buat apa IJASAH??" sempat terbesit dalam pikiran saya seperti itu. Memang inilah resiko sebagai manusia, memang kita diciptakan untuk bersosial, tapi kita juga harus mengurusi diri kita sendiri, enak waktu masih sekolah "tinggal minta uang sama ortu beres", tapi sekarang?? "apa tidak malu lok masih minta sama ortu, sedangkan kita dah wisuda dan merantau jauh??' yaa mungkin ortu masih mau dan bisa memberi sih, "Pertanyaanya mau sampai kapan bisa seperti itu???". 
.........................................
Kembali ke pokok masalah, mau kemana, mau ngapain kita selesai kuliah?? Mau sekolah lagi S2 katakanlah, atau ambil Ilmu baru, bolehlah, tapi uag dari mana buat biaya.. ORTU lagii?? gak banget...!!! malu sama umur...hehe. Butuh renungan untuk menyelesaikan masalah ini.. masih saya lakukan karena saya sendiri juga masih.. ya "Belum Kerja Juga (NGANGGUR)" hehe.. Menurut motivator-motivator handal.. 
"Kalau Ingin Sukses, Harus Mau Meninggalkan Gengsi, Malu, Takut, dan juga Harus Berani Berkeringat Darah Demi Mengejar Kesuksesan itu, karena Tidak ada Kesuksessan yang didapat Dengan Cara Instan, Kalau Kaya Bisa didapat Dengan Instan"

Cerna sendiri yaa Maknanya.. cukup jelas kok... Dan Bagi Teman-teman MAHASISWA yang sudah lulus maupun baru lulus dan juga yang , yang masih bimbang akan masa depannya.. Mari Kita Bersama-sama Mengejar Masa Depan Kita, karena kita (pemuda) yang akan memegang masa depan bangsa ini..

We're making movement, We aren't a silent generation, Share your wild imagination, We're building a revolution

Walapun Tulisan ini Amburadul (berantakan) tapi semoga menjadi bahan renungan teman-teman yang lagi galau tentang masa depannya.. hehehe. 

 .....Sekian dan Keep Fighting..... 

Posting Komentar

0 Komentar