Recents in Beach

KOPI oh KOPI dalam FILOSOFI



Berjam-jam aku memperhatikan kopi, sembari memikirkan "Sihir apa yang terkandung dalam KOPI??" sehingga banyak orang begitu tergila-gilanya sama yang namanya KOPI. Bahkan tidak sedikit orang sampai rela merogok kocek dalam-dalam dengan keliling dunia, hanya untuk mendapatkan KOPI terbaik di dunia..
      KOPI dalam penyajiannya pun bermacam-macam cara, misal kepada tamu, maupun khususnya kepada leluhur pada saat upacara keagaaman yang selalu disediakan 2 gelas yang berbeda. Dan pernahkah kita tahu kenapa orang jaman dahulu menyuguhkan dan minum kopi yang berbeda (dalam hal rasa pahit dan manis)...

       Pernah aku iseng bertanya kepada kakek saya di desa, karena aku sering memperhatikan setiap mereka minum kopi, disitu setiap orang mendapatkan 2 gelas berbeda.

        "kenapa sih kek setiap minum kopi, selalu 2 rasa yang berbeda. pahit dan manis???"
             Akhirnya q disuruh minum juga sama kakek, mulai dari yang pahit dulu, kemudian baru minum yang manis, saat itu juga aku berfikir,  
"kenapa juga aku mesti minum yang pahit dulu, knpa gak langsung yang maniis ajaa???", "Takut kena diabet kali yaaaa????" hahaha.. 
aku pun tanya kembali pada kakek dan teman-temannya ketika sedang berkumpul.. 
 "GPP deh banyak nanya, katanya malu bertanya kan sesat dijalan jadi ya tanyaa aja". hehe.
 " Kek, knapa msti minum yang pahit dulu, knpa gak langsung yang manis, takut diabet ato gimana sih kek??" hehe
"Mereka menjawab, Minum kopi dengan cara begini, sama seperti jalannya hidup, minum yang pahit dulu, baru kemudian yang manis. Dalam kehidupan manusia  juga begitu, kita harus berusaha keras dulu, pahit dulu, baru bisa menikmati hasilnya, baru manisnya.”
 
         Saya ketawa sembari malu juga mendengar penjelasan Bapak-bapak itu. Ternyata orang zaman dulu, seringkali menerapkan filosofi hidup dalam kegiatan sehari-harinya, bahkan dalam minum kopi pun. 
            Segera saya habiskan kopi saya yang tersisa, kemudian berterima kasih kepada Kakek dan Bapak-bapak itu, karena telah memberi dua cangkir kopi hangat dan pelajaran dalam hidup. inilah segelintir cerita tentang filosofi orang-orang yang tergolong dari jaman dahulu yang hidup dijaman modern, yang mengajarkan filosofi hidup lewat 2 cangkir kopi. MAAF BERHUBUNG MASIH NEWBE DALAM HAL TULIS MENULIS, YAA, HASILNYA GINI NIE?? HEHE, MASUKANNYA YA.. :D
             
      .....Dan mari kita lanjut minum kopi untuk menemani malam yang dingin, sedikit panas ini dan temukan filosofi hidup dari secangkir kopi yang kalian minum.....

Posting Komentar

0 Komentar